Paket Perjalanan Ziarah Muslim

Al Aqsa & Jordan (6D5N)

Cairo - Alexandria (6D5N)

Program perjalanan ziarah mengunjungi kota suci Jerusalem dimana terdapat Masjid Al Aqsa, masjid ketiga yang disunahkan Rasulullah SAW untuk dikunjungi, kota Al Khalil (Hebron) dimana terdapat Masjid Al Ibrahimi, maqam Nabi Ibrahim A.S, Nabi Ishaq A.S dan Nabi Ya'qub A.S. Kota Bethlehem tempat kelahiran Nabi Isa A.S, dan Jericho, salah satu pemukimam tertua di Dunia yang juga terdapat situs maqam Nabi Musa A.S.  Kemudian berziarah ke negeri Yordania mengunjungi maqam Nabi Syu'aib A.S, Gua Ashabul Kahfi, Laut Mati, kota kuno Petra dan lain-lain.

Berziarah ke Negeri Mesir yang juga banyak disebut dalam Qur'an. Mengunjungi ibukota Cairo yang bersejarah, dimana terdapat maqam Imam As-Syafi'i, Maqam Sayida Zainab, Masjid Al Husein, Masjid Al Azhar, Masjid Amr Bin Al-As, Citadel Salahuddin Al Ayyubi, dan lain-lain. Tidak ketinggalan mengunjungi salah satu keajaiban dunia yaitu Piramida di Giza dan museum di mana terdapat mumi dan barang-barang peninggalan para Firaun, raja-raja Mesir di masa lampau.  Kita juga akan mengunjungi kota Iskandaria (Alexandria) yang terletak di tepi Laut Mediterania. Berziarah ke maqam para ulama terkenal seperti Abu Al Abbas Al Moorsyi dan Imam Busiri, sang pengarang Qasidah Burdah, juga maqam Nabi Daniyal dan Lukmanul Hakim.

Istanbul - Bursa (6D5N)

Turkey Overland (14D13N)

Berziarah ke kota Istanbul yang dahulu merupakan ibukota Kesultanan Turki Usmani (Ottoman), yang direbut dari Kekaisaran Romawi Timur (Bizantium) pada tahun 1453.  Berziarah ke maqam Sahabat Nabi yaitu Abu Ayyub Al Ansari r.a, mengunjungi museum Istana Topkapi yang menyimpan benda-benda pusaka peninggalan Rasulullah SAW dan para Sahabat, shalat di masjid-masjid bersejarah dengan arsitekturnya yang khas seperti Aya Sofia, Blue Mosque, serta Grand Mosque dan Green Mosque di kota Bursa.  Tidak lupa berbelanja di Shopping Mall pertama di Dunia yaitu Grand Covered Bazaar dan Silk Market di Bursa.

ISTANBUL - BURSA - PAMUKKALE - KONYA - CAPPADOCIA - ANKARA

 

Perpaduan antara ziarah di Istanbul dan Bursa plus berwisata menikmati panorama alam serta peradaban Turki yang kaya akan sejarah dari masa pra-sejarah hingga era Romawi dan kejayaan Islam. Berziarah di kota Konya dimana terdapat maqam ulama sufi Maulana Jalaluddin Rumi. Mengunjungi kota kuno Cappadocia dengan landscape alamnya yang unik yaitu formasi bebatuan di tengah lembah yang berbentuk cerobong, kota-kota bawah tanah dan rumah-rumah yang dipahat di perbukitan sekitarnya. Populer dengan wisata balon udara bagi anda yang berminat. Terakhir mengunjungi kota Ankara, ibukota dan pusat pemerintahan negara Turki modern.

Spain Andalusia Heritage (14D13N)

Marokko & Andalusia (14D13N)

Madrid - Toledo - Cordoba - Seville - Granada - Valencia - Barcelona

 

Napak tilas jejak kejayaan Islam di negeri Andalusia yang mahsyur pada abad ke-8 hingga abad ke-15. Mengunjungi kota Cordoba, ibukota Emirat dan Kekhalifahan Cordoba abad ke-8 hingga abad ke-11 yang merupakan pusat peradaban Eropa kala itu. Di kota ini juga terdapat Masjid Agung Cordoba yang sekarang menjadi Katederal.  Mengunjungi kota Seville, ibukota Kerajaan Al Muwahiddun abad ke-12 hingga abad ke-13, dan kota Granada dengan Istana Alhambra-nya yang mahsyur dan merupakan benteng terakhir Islam hingga tahun 1492. Kita juga akan melihat berbagai peninggalan budaya maupun pengaruh arsitektur Islam Moor di kota-kota lainnya seperti Madrid, Toledo, Valencia dan Barcelona. 

MADRID - TOLEDO - CORDOBA - GRANADA - SEVILLE - TANGIER - FEZ - RABAT - CASABLANCA - MARRAKESH

 

Setelah berziarah napak tilas kejayaan Islam di Andalusia, kita akan menuju negeri Marokko melalui penyeberangan ferry dari kota Tarifa menuju Tangier melewati Selat Gibraltar. Di Marokko kita akan berziarah ke kota Fez dimana terdapat Masjid yang juga Universitas tertua di Dunia yaitu Al Qarawiyyin yang didirikan pada abad ke-9 oleh Fatimah Al-Fihri. Dari Fez singgah di kota Rabbat, ibukota Marokko sebelum menuju Casablanca. Terakhir mengunjungi kota tua Marrakesh (Medina) dimana terdapat Masjid Koutubia, Al Kasbah, Istana Bahia, dan pasar-pasar tradisional (souks) khas Timur Tengah.

Islamic Cape Town (10D9N)

Best of Uzbekistan (8D7N)

Tidak banyak yang tahu bahwa kota Cape Town yang terletak di ujung selatan Benua Afrika tidak hanya memiliki sejarah Islam namun juga ikatan yang kuat dengan ulama asal Nusantara yang menjadi salah satu penyebar awal agama Islam di Afrika Selatan.  Adalah Syekh Yusuf Al Bantani Al Makassari yang membawa ajaran Islam ke wilayah ini saat beliau diasingkan oleh VOC ke Cape  Town sebagai Tahanan Politik pada abad ke-17. Selama di Cape Town kita akan berziarah ke Maqam Syekh Yusuf, maqam Tuan Guru Abdullah Kadi Abdussalam asal Tidore yang mendirikan Masjid Auwwal, masjid pertama di Afrika Selatan, mengunjungi Kampung Macassar dan kawasan Bo Kaap yang kental dengan budaya Melayu, serta obyek-obyek wisata menarik lainnya di seputar Cape Town.

TASHKENT - SAMARKAND - GIJDUVAN - BUKHARA

 

Berziarah ke Uzbekistan, yang mahsyur di masa keemasan jalur sutera (silk road) dan tanah kelahiran dari ahli hadits terkemuka, Imam Al Bukhari. Perjalanan diawali dari kota Tashkent, ibukota Uzbekistan, berkunjung ke Hast-Imam Complex dimana disimpan Al Qur'an peninggalan Khalifah Utsman Bin Affan r.a, alun-alun Amir Timur dan lain-lain.  Dilanjutkan ke kota Samarkand, kota kuno bersejarah dimana terdapat maqam dan museum Imam Al Bukhari, maqam Abu Al Mansur Al Maturidi, maqam Amir Timur, Registan Square dan lain-lain.  Singgah di kota Gijduvan, sentra industri keramik Uzbekistan sebelum menuju Bukhara. Di Bukhara berziarah ke musoleum Samanids, maqam ulama sufi Bahauddin Al Naqshabandi, sumur Nabi Ayub A.S, dan lain-lain.